Kamis, 12 Juli 2012

Banyupinaruh

Sehari setelah perayan hari raya Saraswati selalu di ikuti dengan Banyupinaruh yang banyak di lakukan umat Hindu dengan mandi ke laut atau sumber-sumber air  guna menyucikan diri atau Melukat.

Banyu Pinaruh asal kata banyu (air), Pinaruh atau Pengeruwuh (pengetahuan) secara nyata umat membersihkan badan dan keramas.  Akan tetapi prosesi berkasud  membersihkan kotoran atau kegelapan pikiran yang melakat pada tubuh manusia, dengan ilmu pengetahuan atau mandi dengan ilmu pengetahuan.
Dalam buku Bhagawan Gita IV.36 mengatakan ” Api ced asi papebhyah, sarwabheyah papa krt,tamah, sarwa jnana peavenaiva  vriijinam santarisyasi.”  yang berarti, walau engkau paling berdosa di antara yang memiliki dosa, dengan ilmu pengetahuan, lautan dosa akan dapat engkau seberangi”.
Itu artinya Bayu Pinaruh bermakna simbolis saja, akan tetapi sesuai dengan ajaran Hindu kita di jamin oleh kitab suci bahwa melalui mandi dan keramas dengan menggunakan air ilmu pengetahuan, kita akan terbebas dari lautan kebodohan dan dosa.