Selasa, 04 Desember 2012

Sifat Kepramukaan : Nasional, Internasional, Universal

Apakah kepramukaan itu ? menurut Baden-Powell (terjemahan) yaitu: “Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Bukan ! “Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, ketrampilan dan kesediaan untuk memberi pertolongan bagi yang membutuhkannya”. Dari penjelasan Baden-Powell tersebut, kita dapat mengambil maknanya, yaitu: “Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan”.


SIFAT KEPRAMUKAAN.


Resolusi konferensi kepramukaan sedunia tahun 1924, bertempat di kopenhagen Denmark. Menyatakan bahwa kepramukaan mempunyai 3 (tiga) sifat yaitu :

1. Nasional, artinya kepramukaan itu diselenggarakan di masing-masing Negara disesuaikan       dengan kebutuhan masing-masing Negara tersebut.
2. Internasional, artinya kepramukaan harus dapat mengembangkan rasa persaudaraan dan       persahabatan antar sesama anggota kepanduan (pramuka) dan sebagai sesama manusia.
3. Universal, artinya kepramukaan itu dapat berlaku untuk siapa saja serta dapat       diselenggarakan dimana saja.


FUNGSI KEPRAMUKAAN.

Seperti halnya dengan sifat-sifat kepramukaan fungsi kepramukaan juga terdiri dari 3 (tiga) fungsi yaitu:

1. merupakan kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan, bagi anak-anak, remaja dan      pemuda.
2. merupakan suatu pengabdian (job) bagi para anggota dewasa yang merupakan tugas yang      memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian.
3. merupakan alat (means) bagi masyarakat, Negara atau organisasi, untuk memenuhi       kebutuhan masyarakat, lat bagi organisasi atau Negara untuk mencapai tujuannya.