Minggu, 08 Juli 2012

Alasan Pelangi Membentuk Garis Lengkung

Pelangi memang pemandangan alam yang sangat luar biasa. Warnanya yang ada bermacam-macam dan menghiasi langit yang biru, akan memanjakan mata kita dan membuat kita mengagumi betapa indah segala sesuatu ciptaan ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala. Tapi, pernahkah terlintas dalam pikiran anda pertanyaan mengenai kenapa pelangi itu selalu membentuk garis melengkung dan tidak lurus seperti penggaris saja di langit?

[imagetag]


Pelangi berasal dari titik-titik hujan yang telah dibiaskan oleh cahaya berwarna putih yang kemudian tersusun menjadi tujuh warna yakni Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Namun, untuk melihat pelangi yang indah itu kita harus membelakangi sumber cahaya yakni matahari.

Ternyata tidak hanya harus membelakangi cayaha matahari saja untuk dapat melihat pelangi, tapi, kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat, jika tidak pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Karena itulah dari sudut tersebut kita hanya bisa melihat pelangi dengan bentuk yang melengkung dan menghiasi langit.

Jika anda masih belum mengerti, coba saja dibayangkan, mungkin dengan begitu anda bisa mengerti. ^^