Sabtu, 11 Februari 2012

7 Arti Kesehatan Dari Warna Kuku

Selain mempercantik jari-jari tangan kita, ternyata kuku juga dapat memprediksi kondisi kesehatan kita. Menurut informasi dari WebMD, perubahan warna serta bentuk pada kuku dapat memperlihatkan tanda atau ciri-ciri dari suatu jenis penyakit. Bahkan, masalah kesehatan pada paru-paru, hati, dan jantung dapat terlihat dari kuku.
1. Kuku Berwarna Putih
Kuku Putih
Kuku Putih
Kuku yang memiliki warna putih dan berwarna gelap (sesuai dengan warna kulit) pada ujungnya, bisa jadi orang tersebut memiliki masalah pada hati, seperti hepatitis.
Jika, ujung kuku berwarna pink atau coklat besar kemungkinan itu adalah gejala gagal ginjal kronis.



2. Kuku Berwarna Kuning
Kuku Kuning
Kuku Kuning
Kebanyakan penyebab kuku berwarna kuning adalah disebabkan adanya infeksi. Jika infeksi sudah parah, kuku bisa lepas dengan sendirinya atau kuku akan menebal dan hancur. Selain itu, kuku yang berwarna kuning memperlihatkan bahwa adanya penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru atau diabetes.

3. Kuku Berwarna Pucat
Kuku pucat
Kuku pucat
Kuku yang berwarna pucat bisa jadi adalah tanda bawah orang tersebut mengidap penyakit anemia, gagal jantung, penyakit hati akut dan kekurangan nutrisi.

4. Kuku Berwarna Biru
Kuku Biru
Kuku Biru
Kuku yang memiliki warna biru, bisa jadi karena tubuh tidak mempunya cukup oksigen. Hal tersebut biasanya dikondisikan bagi pada orang yang mengidap infeksi paru-paru. Bagi penderita penyakit jantung, kuku juga dapat berwarna biru tetapi hal ini terjadi pada penderita jantung kronis.

5. Kuku Retak
Kuku retak
Kuku retak
Sama halnya dengan kuku berwarna kuning. Kuku dapat menjadi rapuh, kering, terbelah bahkan pecah disebabkan oleh adanya infeksi jamur.

6. Kuku Berkerut
Kuku Kerut
Kuku Kerut
Penyakit kulit dan penyakit rematik dapat ditandakan dengan terjadinya permukaan kuku yang berkerut. Dan kemudian diikuti oleh perubahan warna kuku yang menjadi cokelat agak kemerah-merahan.

7. Kebiasaan Mengigit Kuku.
gigit kuku
Menggigit kuku
Kebiasaan mengigit kuku walaupun terlihat biasa saja, tapi hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa orang tersebut mungkin mengalami gangguan obsesif kompulsif. Terkadang orang menggigit kuku jika mengalami kecemasan maupun rasa tidak percaya diri. Hal tersebut di lakukan secara refleks.
Walaupun melalui perubahan warna kuku dapat memberitahukan arti dari kondisi kesehatan, tetapi sebaiknya disarankan kepada anda semua untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kulit jika mengalami perubahan-perubahan warna kuku seperti diatas.