Senin, 13 Maret 2017

9 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh atau LDR

Lama gak posting, hari ini saya mau berbagi tips-tips tentang cara menjaga cinta jarak jauh agar tetap awet dan langgeng, beberapa diantaranya pengalaman penulis (pengalaman bisa berupa pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain) 
Yuk mulai... 
Jaman sekarang, banyak banget ya pasangan – pasangan yang menjalani hubungan dengan LDR. Menjalani pacaran dengan jalan ini memang sangat sulit. Bagaimana tidak? Kita harus percaya dengan PERKATAAN pasangan yang jauh disana. Bisa saja dia selingkuh dengan temannya, koleganya di Rumah Sakit tempatnya bekerja,  eeehhh semoga tidak ya.  Karena itulah banyak pasangan yang tidak bisa langgeng dalam berpacaran dengan LDR. Itu karena mereka belum tau caranya. Okelah, hari ini saya akan berbagi tentang cara sukses berpacaran dengan LDR. Yuk kita simak bersama – sama.

1. Rencanakan masa depan

Jangan anggap hubungan jarak jauh LDR itu tidak bisa berlanjut ke pelaminan ya brosis. Banyak tetangga – tetangga saya yang terbukti mampu menjalani hubungan ini hingga akhirnya menikah. Waktu saya tanya, katanya sih dulu waktu berpacaran jarak jauh, mereka selalu merencanakan masa depan mereka bersama – sama. Tidak hanya merencanakan, mereka juga berusaha mewujudkan angan – angan itu. Alhasil, hubungan mereka bisa langgeng sampai menikah dan memiliki keturunan. Untuk itu sebagai pribadi dewasa yang sudah cinta sama pasangannya lebih baik rencanakan deh masa depan kamu sama pacar, agar hubungan kamu bisa berlanjut sampai jenjang pernikahan. Astungkara

2. Menjaga Komitmen yang disepakati

Sebelum kalian melakukan hubungan dengan jarak jauh LDR, pastikan kalian sudah merencanakan bagaimana kalian akan menjalani hubungan tersebut. Katakan apa yang tidak kalian sukai kepada pasangan kalian misalnya tidak suka dibohongi dls. Setelah itu buatlah komitmen dan katakan dalam hati kalau kalian akan menepati komitmen tersebut. Yes,  i can! 

3. Jaga Komunikasi Sama Pacar

Dijaman yang serba bisa ini, akan sangat keterlaluan jika hubungan LDR tidak bisa berjalan lancar hanya karena tidak komunikasi langsung (kecuali LDR di negara berbeda dengan selisih waktu yang signifikan dan operator telefun yang berbeda wkwk) . Sekarang sudah ada video call media sosial, sms dan masih banyak lagi yang bisa kita gunakan untuk menjaga komunikasi dengan pasangan yang ada di jauh sana.

4. Saling Percaya

Kepercayaan yang sangat tinggi diperlukan untuk terus menjaga hubungan kalian tetap awet dan langgeng. Jangan suka menuduh yang tidak – tidak kepada pasangan kalian itu bisa melukai pasangan kalian. Dengarkan penjelasan mereka ketika kalian sedang mencurigainya. Jangan mengambil kesimpulan sendiri untuk melakukan suatu hal, belajarlah menjaga perasaan pasangan. 

5. Jangan Terpacu Untuk Memikirkannya

Jangan hanya memikirkan dia sepanjang hari. Kalian juga perlu berkonsentrasi untuk keluarga, masalah pekerjaan dan juga masalah yang lainnya. Biarkan dirimu menikmati hidup saat jauh dari si pacar, coba sibukkan diri kamu, karena kalau kamu terus memikirkannya yang ada nanti bawaannya kamu akan curiga terus dan tidak percaya sama pacar. Ini bisa jadi masalah besar brosis. Jadi nikmati saja hubungan jarak jauh kalian ya. 

6. Kamu harus jujur

Jangan pernah membohongi pasangan kalian tentang suatu hal. Jika pasangan kalian bertanya biasakan langaung jawab jujur,  jangan membuat penasaran yang justru bisa menimbulkan kecurigaan berlebihan.  Dengan berkata jujur, kalian akan merasa lebih lega dibanding harus menutupi sesuatu. Jangan malu menceritakan keburukan masa lalu,  karena kalau memang komitmen pasti bisa menerima kamu yang sekarang. Kejujuran adalah faktor penting dalam menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Lagi pula, kalian kan juga ingin dia jujur kepada kalian. Jadi semua harus ada timbal balik yang baik. Tat twam asi lah brosis. 

7. Luangkan Waktu Bertemu

Bagi sepasang kekasih yang menjalani hubungan dengan jalan LDR, waktu bertemu adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Meskipun kalian sama-sama sibuk luangkanlah sehari dalam sebulan untuk bertemu dan bertatap mata langsung.  Jika kalian memiliki waktu yang senggang, sempatkanlah mengunjungi pasangan anda. Memang akan terasa capek jika waktu senggang digunakan untuk pacaran, tapi hal tersebut akan mengobati rindu kalian brosis. 

8. Jadilah Inspirasi dan Penyemangat untuk pasangan anda

Lakukanlah banyak hal positif yang bisa menjadikan pasangan semakin kagum dengan pribadi kalian,  tunjukkan keseriusan dan tanggung jawab brosis sebagai orang dewasa. Hal ini penting untuk memotivasi pasangan brosis yang mungkin agak malas wkwk. Selain itu jangan lupa memberikan semangat secara skala dan niskala ya brosis supaya semuanya dilancarkan. 

9. Selalu Ucapkan Selamat Pagi dan Selamat Tidur

Mungkin terkesan alay dan terlalu lebay,  tapi ucapan salam menunjukkan bahwa pasangan kita menghormati kita sebagai pribadi yang spesial. Ucapkanlah selamat pagi meski kalian bangun kesiangan. Ucapkanlah selamat tidur meski ngantuk sudah tidak tertahankan. Jangan lupa sisipkan doa dalam setiap salam yang kita berikan brosis ya. 

Oke brosis,  sekian 9 tips menjaga hubungan jarak jauh atau LDR. Semoga hubungan brosis tetap langgeng dan awet. Jangan lupa untuk membagikan tips ini sama teman-teman atau pacar kamu. Selamat mencoba ya...