Senin, 29 Oktober 2012

7 Penemu yang tewas akibat temuannya



artikel-populer.blogspot.com - 7 Penemu Ini Tewas Akibat Temuannya



1. Henry Smolinski

Sebuah perusahaan visionaris berniat untuk membuat mobil terbang. Smolinski bergabung dengan perusahaan tersebut, dan tewas ketika mengetes prototipe mobil terbang pertama yang merupakan gabungan dari beberapa bagian pesawat Cessna yang dipasang pada mobil Ford Pinto. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 11 September 1973.



2. Franz Reichelt



Ia merupakan pria kebangsaan Prancis yang lahir di Austria. Pada tahun 1903, ia berusaha menciptakan parasut yang ditujukan untuk para pilot pesawat tempur. Pada percobaan pertama yang menggunakan boneka dummy, parasut berfungsi dengan benar, dan membuat Reichelt berani mencobanya dengan cara terjun dari bagian bawah menara Eiffel. Dan ia tidak bisa melanjutkan penemuannya lagi untuk selama-lamanya.



3. Horace L. Hunley



Pengacara yang juga salah satu penemu kapal selam pertama ini tewas setelah kapal selam buatannya tak mampu bertahan lama di bawah air. Hunley, yang hidup di masa Perang Sipil Amerika, membuat tiga kapal selam untuk pihak Konfederasi. Ketika dua kapal selam pertama gagal, ia pantang menyerah dan berhasil membuat kapal selam ketiga. Pada tanggal 15 Oktober 1863, Hunley membawa beberapa kru untuk melakukan percobaan yang naasnya, merenggut nyawa dirinya dan tujuh kru.



4. Thomas Midgley, Jr



Kimiawan ternama ini terkenal berkat penemuannya yaitu gas Freon. Tapi tahukah Kamu, kalau Midgley meninggal akibat penemuannya yang lain? Apakah itu? Tahun 1944, Ia menciptakan sebuah sistem yang terdiri atas tali dan kayu, yang berfungsi untuk menopang tubuh para penderita polio. Midgley melakukan percobaan pada dirinya sendiri yang kebetulan sedang menderita polio, dan tewas tercekik tali pada tanggal 2 November 1944.



5. Marie Curie



Di antara para penemu lain, mungkin wanita inilah yang paling terkenal. Marie Curie dikenal berkat penemuannya di bidang radioaktif, dan menemukan dua elemen baru pada waktu itu yaitu polonium dan radium. Ia memenangi dua penghargaan Nobel di bidang fisika dan kimia, dan merupakan satu dari tiga orang yang mampu melakukannya--Linus Pauling dan Frederick Sanger. Marie Curie meninggal pada tanggal 4 Juli 1934 akibat terlalu lama berada di daerah radiasi radioaktif.



6. Perillos



Di antara semua penemu yang ada di daftar kami, mungkin Perillos adalah sosok yang paling pantas untuk mati di tangan ciptaannya sendiri. Peristiwa ini terjadi di masa Yunani Kuno. Perillos menciptakan sebuah alat bernama The Brazen Bull yang bertujuan sebagai alat hukuman bagi para kriminal. Cara kerjanya adalah memasukkan seseorang ke dalam sebuah patung kopong berbentuk banteng, lalu membakarnya sampai mati. Perillos memberitahu penemuannya ini pada raja tiran yang saat itu berkuasa bernama Phalaris, dan dia menjadikan Perillos sebagai kelinci percobaan alat tersebut. Ironis!



7. Valerian Abakovsky



Ia merupakan penemu Rusia yang menciptakan Aerowagon, sebuah kereta api super cepat yang memiliki baling-baling seperti pesawat di moncongnya. Kereta ini didesain bagi para pejabat negara yang ingin pergi ke luar dan ke dalam kota Moskow. Dalam sesi percobaan pergi dari Moskow, Abakovsky dan lima orang kru berhasil menjalankan kereta tersebut, namun naas, di perjalanan pulang ke Moskow, kereta tersebut keluar rel dan menewaskan Abakovsky dan para kru.