Senin, 07 Mei 2012

7 Makanan Yang Sulit Dicerna

artikel-populer.blogspot.com - 7 Makanan yang sulit dicerna
Ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna ketika Anda mengonsumsinya, sehingga membahayakan kesehatan sistem pencernaan dan jantung Anda. Simak daftar makanan yang sulit dicerna tersebut seperti yang dilansir dari Boldsky (04/05) berikut ini.
Makanan yang digoreng keringJenis makanan yang digoreng kering biasanya susah dicerna oleh tubuh, karena makanan tersebut menyerap banyak minyak yang juga tidak baik bagi kesehatan.

Makanan pedasCabai rawit dan cabai merah memang kaya akan antioksidan, akan tetapi lambung yang lemah sebaiknya menghindari makanan pedas tersebut agar kesehatan pencernaan Anda tidak terganggu.
Intoleransi laktosaIntoleransi laktosa merupakan sebuah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk mencerna kandungan gula kompleks yang terdapat pada susu atau produk olahan susu lainnya.
Sayuran yang berdaunJenis sayuran seperti kubis, brokoli, lobak merupakan jenis sayuran 'berat' untuk dicerna. Meskipun menyehatkan, jangan terlalu sering mengonsumsi sayuran tersebut untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Kacang-kacanganBeberapa jenis kacang-kacangan juga dinilai sebagai jenis makanan yang susah dicerna. Di dalam istilah ilmiah, mereka disebut oligosakarida (oligosaccharide).
Jus jerukMeskipun dalam bentuk cair, jus jeruk yang dikonsumsi sebelum perut menerima makanan lain akan menyebabkan kesulitan pada sistem pencernaan.
Biji-bijianBiji di sini maksudnya adalah biji pada cabai atau tomat yang seringkali tidak dicerna namun langsung dikeluarkan bersama tinja dalam bentuk yang tidak berbeda dengan sebelum biji tersebut dimakan.
Memang makanan tersebut di atas susah untuk dikonsumsi, namun bukan berarti Anda harus berhenti memakannya, sebab makanan tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan. Anda cukup menikmatinya dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Selamat makan!