Rabu, 15 Mei 2013

Tips Mencegah atau Mengurangi Bau Mulut

beberapa tips untuk mencegah atau mengurangi bau mulut oleh Delod Mangkalan, berdasarkan pengalaman terdahulu, wkwkwk
Menyikat Gigi dan Flossing
Menggunakan obat kumur biasanya hanya membantu menyegarkan napas untuk sementara. Tanpa sikat gigi dan flossing hingga bersih, obat kumur gak akan efektif menghilangkan bau mulut. Jadi, usahakan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur setiap hari dan melakukan flossing minimal sekali sehari.

Menyikat Lidah
Sikatlah permukaan lidah hingga 5 - 15 kali, terutama bagian tengah lidah. Kamu bisa menggunakan sikat lidah dengan sikat gigi, ada juga sikat gigi yg dilengkapi dengan sikat lidah atau dengan sikat lidah khusus yg udah banyak dijual di supermarket atau toko-toko serba ada.

Kondisi Mulut Tetap Lembab
Jaga agar mulut tetap lembab, baik dengan cara minum air putih yang cukup (bukan dengan kopi atau softdrink), ataupun dengan mengunyah permen karet xylitol atau menghisap permen yang gak mengandung gula.


Mengganti Sikat Gigi
Hal ini biasanya sering terlupa dan dilupakan. Gantilah sikat gigi dengan yang baru minimal setiap 3 bulan sekali. Karna sikat gigi yg udah lama rentan mengandung bakteri dan kuman yg bisa menyebabkan bau mulut.

Membersihkan Gigi Tiruan atau Kawat Gigi
Buat kamu yg menggunakan gigi tiruan lepasan (gigi paslu) atau memasang kawat gigi yang bisa dilepas, jangan lupa untuk selalu membersihkan alat-alat lepasan tersebut secara rutin agar terhindar dari bakteri dan kuman.

Apakah Ada Gigi yang Berlubang
Selain rutin sikat gigi dan sikat lidah, perhatikan juga apakah gigi kamu berlubang atau ada lubang di gigi yang belum ditambal. Ingat juga kapan terakhir membersihkan karang gigi (scaling) ke dokter gigi. Gigi yang lubang dan karang gigi yang menumpuk juga menjadi penyebab bau mulut

Periksa ke Dokter Gigi
Periksakan gigi kamu ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk memeriksa dan membersihkan gigi dari karang gigi yang ada. Karang gigi ini bisa menjadi penyebab bau mulut.