Kamis, 31 Januari 2013

Tips Agar Bayi Cepat Tidur



artikel-populer.blogspot.com - 4 Tips Agar Bayi Cepat Tidur

Sebagai seorang ibu, Anda harus memastikanbayi Anda memiliki waktu tidur yang cukup, tetapi beberapa bayi kadangkesulitan untuk tidur di malam hari. Hal ini mungkin karena lonjakanpertumbuhan atau respon terhadap periode perkembangannya.


Bayi kadang akan terbangun tengah malam danmemerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat tidur lagi. Jika bayi Andamemiliki masalah tidur kronis atau berlangsung lama, periksakan anak Anda kedokter.

Tetapi jika masalah tidur bayiberlangsung dalam periode yang lebih pendek, ada teknik sederhana yang dapatAnda coba di rumah.

Berikut 4 langkah yang dapat Andalakukan agar bayi lebih cepat tertidur, seperti dikutip dari mom.me,antara lain:

1. Rutinitas relaksasi

Mandikan bayi Anda dengan air hangatdan gunakan lampu yang redup di kamar bayi untuk membantu menenangkannya.Persiapkan bayi Anda untuk tidur di kamarnya dengan tenang dan tanpakebisingan.

Jika Anda melakukan tindakan ini sebagaibagian dari ritual malam hari yang konsisten, bayi akan menanggapinya sebagaisinyal bahwa waktu tidur sudah dekat.

2. Berikan stimulasi sentuhan

Anda dapat berbaring di samping bayiuntuk membantunya merasa aman. Bayi suka mendengar detak jantung ibunya.Usap-usaplah pantat bayi secara perlahan untuk membantunya cepat tertidur.Stimulasi berupa gerakan atau suara detak jantung ibu dapat membuat bayi merasanyaman dan akan tidur lebih cepat.

3. Mendisiplinkan jam tidur bayi

Aturlah jadwal tidur bayi denganmembangunkannya di waktu yang teratur setiap hari. Hal ini perlu Anda lakukanketika bayi telah cukup besar agar bayi dapat beradaptasi dengan rutinitassehari-hari orang tuanya.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan padaanak Anda untuk disiplin bangun pagi sejak bayi. Tetapi pastikan juga jamtidurnya telah mencukupi dengan membuatnya tidur lebih awal di malam hari.

4. Berikan kenyamanan pada bayi

Bayi

perlu merasakan rasa aman dan diperhatikan. Jangan membiarkan bayiAnda menangis sampai tertidur. Semakin Anda menanggapi kebutuhannya, bayi akanmerasa lebih aman dan lebih cepat tidur.