Jumat, 27 Januari 2012

PIRANTI PENDUKUNG INTERNET

1. Modem
 
Modem adalah perangkat hardware tambahan untuk komputer (baik jenis card internal maupun eksternal yang terletak di luar komputer). Pada dasarnya modem adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon. Kata modem berasal dari kata Modulasi Demodulasi yang dapat diartikan sebagai proses perubahan sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga dapat dikirim lewat telepon(modulasi). Modem penerima akan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi). Kecepatan minimal modem adalah 28.800 bps( bits per second). 

 
 2.   NIC

NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 


Jenis NIC yang beredar ada 2 jenis yaitu: 
a. NIC yang bersifat fisik, contohnya NIC Ethernet, Token Ring, dsb.
b. NIC yang bersifat logis, contohnya loopback adapter dan Dial-up Adapter. 
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard computer. Selain itu, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, sehingga meningkatkan mobilitas.


NIC bersifat fisik
Setiap NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis.
NIC bersifat logis
 3.   Wifi 
Wifi merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.
Awalnya wifi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan LAN, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
4. Switch
Switch adalah alat yang menyaring dan melewatkan paket yang ada di sebuah LAN.
Switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model, sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan switch untuk berkomunkasi di jaringan maka disebut dengan switced LAN.
5. Hub
Hub adalah alat penghubung antar komputer.  Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangakan sampai kecepatan 1 Gbps.

HUB
 6.  Router
Router adalah sebuah komputer yang mempunyai perangkat keras dan perangkat lunak yang khusus untuk keperluan router seperti dan penyampaian paket jaringan komputer seperti internet.
Router dapat digunakan untuk memberikan sambungan dalam kantor, antar kantor dengan internet, dan di dalam ISP.
Router yang besar digunakan untuk menyambungkan ISP, sementara yang kecil digunakan untuk memberikan sambungan jaringan bagi beberapa komputer di kantor kecil.
Router
7. Bridge
Bridge bisa dikatakan sebagai media expander untuk menambah jangkauan dari sebuah jaringan LAN dan menghubunnggkannya dengan jaringan yang lain pada lokasi yang berbeda.
Bridge biasanya dilakukan dengan mengadopsi teknologi nirkabel, sehingga tidak dibatasi lokasi, tetapi tetap harus melakukan pengaturan pada setiap titik point agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
8.   Gateway
Gateway adalah peralatan yang menyediakan jalur (path) ke jaringan tetangga atau jaringan internet. Gateway hanya gerbang. Biasanya gateway berupa router, atau peralatan jaringan lain yang menjalankan NAT
9.  Konektor
       a. Konektor digunakan untuk :
~ menghubungkan antar kabel
~ menghubungkan kabel dengan perangkat jaringan yang lain
b. Macam – macam konektor :
BNC konektor,  RG konektor, T-konektor
RG konektor
T-konektor
BNC konektor
10. Kabel Jaringan
Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kabel jaringan :
~ sistem jaringan yang dipilih
~ jangkauan panjang kabel
~ harga yang ekonomis
~ tipe kabel yang diinginkan
Contoh kabel yang biasa dipakai adalah kabel UTP karena merupakan kabel yang murah, mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan kecil. 


Kabel UTP
11.   Access Point
Fungsi access point ibarat sebagai hub / switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireles s/nirkabel para client/tetangga anda.
Di acces point ini koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio.
Ukuran kekuatan sinyal akan mempengaruhi area coverage yang dijangkau. Semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.
12. Wajanbolic
Teknik Wajanbolic e-goen merupakan pengembangan dari teknik antena kaleng atau antena bazooka yang pernha dikembangkan sebelumnya.
Dengan peralatan USB WiFi yang terpasang di muka wajan dengan ditutupi pipa paralon yang sebagian dilapisi oleh aluminium foil. Wajanbolic e-goen dapat digunakan untuk membangun sambungan internet berkecepatan 1 Mbps s/d 54 Mbps membangun sambungan internet sampai sekitar 3-4 km cukup untuk menyambungkan beberapa rumah dalam  sebuah jaringan RT/RW-net.
          Teknik akses internet menggunakan Wajanbolic e-goen banyak digunakan untuk membangun RT/RW-Net yang pada dasarnya membagi dan menggunakan secara beramai-ramai sebuah akses internet.
          Proses pembagian akses internet dilakukan oleh router.
          Proses pengkaitan pengguna internet dilakukan menggunakan kabel jaringan ethernet untuk jarak dekat. Untuk jarak yang agak jauh dalam lingkup satu RT/RW dapat menggunakan akses wireless menggunakan antena Wajanbolic e-goen
Wajanbolic