Sabtu, 10 Desember 2011

Tips Menjaga Daya Ingat

Otak kita sebenarnya tidak pernah kehilangan daya ingat. Fungsi otak bak seperti halnya komputer, yang dapat merekam segala sesuatu. Agar otak berfungsi secara optimal, membutuhkan latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khusus, untuk menjaga daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik, yaitu:


1. Perbanyak Zat Besi. Penelitian menunjukan bilamana konsumsi zat besi berkurang maka berdampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif, karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah sinyal dalam otak.

2. Latihan Mental. Rangsangan mental tetap menjaga otak sehat dan meningkatkan daya ingat. Kegiatannya bisa beragam dari permainan s/d pelatihan.

3. Latihan Fisik. Olah Raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk mempompa lebih efektif darah ke otak dan mengatur pernapasan.

4. Minum Ginkgo Biloba. Ginkgo Biloba dapat memperbaiki sirkulasi darak ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan supply darah ke otak.

5. Konsumsi Minyak Ikan. Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel dan dapat meperbaiki kekuatan daya ingat.

6. Mengkonsumsi Kedelai. Kedelai mengandung isoflavones yang dapat bertindak sebagai reseptor esterogen dalam otak manusia.

7. Minum Kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi.

8. Refresing. Otak juga bak sebuah mesin, dimana pada tingkat kepanasan tertentu harus diistirahatkan agar tidak jebol. Makanya kegiatan refresing juga diperlukan juga diperlukan untuk mem-balance-kan kepenatan otak agar tidak “krodit”.

9. Mengunyah Permen Karet. Penelitian bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.