a. Menurut Heinich,
Molenida, dan Russel (1993) berpendapat bahwa “teknologi atau media
pembelajaran sebagai penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam
tugas praktis belajar mengajar.
b. Menurut
Ali (1992) berpendapat bahwa “Media
adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapar memberikan
rangsangan untuk belajar”.
c. Menurut
Gagne (1990) berpendapat bahwa
“Kondisi yang berbasis media meliputi jenis penyajian yang disampaikan kepada
para pembelajar dengan penjadwalan, pengurutan dan pengorganisasian.
d. Menurut
Miarso (2004) berpendapat bahwa
“Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan
pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si
belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar”.
e. Menurut
Arif S. Sadirman (1984) berpendapat
bahwa “Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta
merangsang siswa untuk belajar seperti Filn, buku, dan kaset.
2. Jenis media pembelajaran menurut para ahli
yaitu:
a. Herry (2007:6.31)
menyatakan:“Ada tiga jenis media pembelajaran yang dapat dikembangkan dan digunakan
dalam kegiatan pembelajaran oleh guru di sekolah, yaitu:
·
Media visual adalah media yang hanya dapat
dilihat dengan menggunakan indra penglihatan terdiri atas media yang dapat
diproyeksikan (projekted visual) dan media yang tidak dapat diproyeksikan
(nonprojekted visual).
·
Media audio adalah media yang mengandung
pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian,
dan kemauan para siswa untuk mempelajari bahan ajar dan jenisnya.
·
Media audio visual merupakan kombinasi dari media
audio dan media audio visual atau media pandang dengar”.
b.
Menurut Heinich and Molenda (2009) terdapat
enam jenis dasar dari media pembelajaran, yaitu:
·
Teks. Merupakan elemen dasar
dalam menyampaikan suatu informasi yang mempunyai berbagai jenis dan bentuk
tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian informasi.
·
Media audio. Membantu menyampaikan
maklumat dengan lebih berkesan dan membantu meningkatkan daya tarikan terhadap
sesuatu persembahan. Jenis audio termasuk suara latar, musik, atau rekaman
suara, dan lainnya.
·
Media visual. Media yang dapat
memberikan rangsangan-rangsangan visual seperti gambar/photo, sketsa, diagram,
bagan, grafik, kartun, poster, papan buletin, dan lainnya.
·
Media proyeksi gerak. Termasuk di dalamnya
film gerak, film gelang, program TV, video kaset (CD, VCD, atau DVD).
·
Benda-benda tiruan/miniatur. Termasuk di dalamnya
benda-benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan diraba oleh siswa. Media ini
dibuat untuk mengatasi keterbatasan baik obyek maupun situasi sehingga proses
pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
c. Rudi
Bretz (2003)
mengidentifikasi jenis-jenis media berdasarkan tiga unsur pokok yaitu suara,
visual, dan gerak. Dari ketiga unsur tersebut Bretz mengklasifikasikannya ke
dalam tujuh kelompok, yaitu:
·
Media audio
·
Media cetak
·
Media Visual diam
·
Media visual gerak
·
Media audio semi gerak
·
Media semi gerak
·
Media audio visual diam
·
Media audio visual gerak.
3.
Fungsi
media pembelajaran yaitu:
a.
Menurut Hamalik
(2008), Fungsi media pembelajaran yaitu:
·
Untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang
efektif
·
Penggunaan media merupakan bagian internal
dalam system pembelajaran.
·
Media pembelajaran penting dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran.
·
Penggunaan media dalam pembelajaran adalah
untuk mempercepat proses pembelajaran dan membantu siswa dalam upaya memahami
materi yang disajikan oleh Guru dalam kelas.
·
Penggunaan media dalam pembelajaran
dimaksudkan untuk mempertinggi mutu pendidikan.
b.
Menurut Kempt
& Dayton (1998), Fungsi utama media pembelajaran yaitu:
·
Memotivasi minat dan tindakan, direalisasikan
dengan teknik drama atau hiburan.
·
Menyajikan informasi, digunakan dalam rangka
penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa.
·
Memberi instruksi, informasi yang terdapat
dalam media harus melibatkan siswa.
Referensi
:
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajara. Makassar: Badan
Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B & Nina Lamatengngo.
2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar